Dusun Kemiri Sebagai Kawasan Agrowisata
Bagikan informasi ini:

Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya Tarik bagi wisatawan. Agrowisata dapat diartikan sebagai pengembangan industri wisata alam yang bertumpu pada pembudidayaan kekayaan alam. Industri ini mengandalkan kemampuan budidaya baik pertanian, peternakan, perikanan, maupun kehutanan.

Kawasan desa wisata berbasis agrowisata memiliki banyak keuntungan, salah satu keuntunganya adalah agrowisata dapat memunculkan peluang bagi petani lokal untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan taraf hidup serta kelangsungan kegiatan mereka.

Embung Kemiri

Dusun Kemiri memiliki banyak potensi untuk menjadi kawasan agrowisata. Salah satu potensi yang dimiliki oleh Dusun Kemiri ialah kawasan Embung Kemiri. Embung Kemiri merupakan sebuah danau buatan yang nantinya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing untuk datang ke Dusun Kemiri.

 

 

Grand Design

Tim KKN PPM UGM Purwobinangun 2018 merancang objek wisata yang akan berlokasi di embung kemiri. wisata ini memanfaatkan daerah sekitar embung yang memiliki potensi wisata yang baik. Wisata yang akan ada disekitar embung adalah ekowisata, pusat oleh-oleh khas Purwobinangun, agrowisata, spot downhill, dan outbound. Wisata ini lebih ditujukan untuk liburan keluarga karena memiliki banyak kegiatan yang dilakukan bersama keluarga.

Berikut merupakan rincian dari objek-objek wisata yang direncanakan oleh tim KKN PPM UGM 2018 Desa Purwobinangun:

Gedung Serba Guna

Gedung serba guna yang dapat digunakan oleh masyarakat, dan juga dapat disewakan untuk acara-acara seperti pernikahan dan lain-lain.

 

 

Gazebo dan Kolam

Pada spot ini terdapat gazebo dan kolam ikan untuk menghadirkan suasana pedesaan yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

 

 

Spot untuk duduk-duduk dan berkumpul

Pada spot ini terdapat banyak tempat duduk yang disediakan untuk wisatawan, yang dapat digunakan untuk beristirahat ataupun bercengkrama bersama sembari menikmati alam Purwobinangun

 

 

Tempat parkir

Disediakan tempat parkir yang cukup luas untuk wisatawan

 

 

Pasar Tradisional

Pada spot ini disediakan pasar tradisional yang dapat digunakan oleh para penduduk lokal untuk menjual oleh-oleh khas Purwobinangun.

 

 

Pendopo

Terdapat Pendopo yang dapat digunakan untuk menikmati suasana desa. Pendopo ini juga dapat digunakan untuk menampilkan kesenian khas Purwobinangun yang perlu dilestarikan.

 

 

Tempat peminjaman sepeda

Terdapat tempat penyewaan sepeda yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk meminjam sepeda.

 

 

Outbound

Terdapat area outbound yang dapat dinikmati oleh pengunjung terutama anak-anak.

 

 

Greenhouse Krisan

Terdapat greenhouse yang berisi bunga krisan yang cantik nan indah.

 

 

Greenhouse Hidroponik

Terdapat greenhouse hidroponik yang dapat menjadi tempat edukasi bagi para pengunjung objek wisata ini.

 

 

Greenhouse tanaman obat

Terdapat greenhouse tanaman obat yang juga dapat menjadi edukasi bagi wisatawan.

 

 

Rumah Pohon

Terdapat rumah pohon yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk melihat pemandangan yang indah dari kawasan wisata ini dan juga embung kemiri.

 

 

Objek ini diharapkan dapat menjadi trademark bagi tempat wisata ini, bahan yang digunakan dalam pembuatanya adalah dari bambu. Alasanya adaah karena desa Purwobinangun yang memiliki banyak pengrajin bambu.

 

Diharapkan tempat wisata ini dapat menjadi sarana yang baik untuk berekreasi dan juga mendidik orang banyak/masyarakat tentang pentingnya pertanian dan kontribusinya untuk perekonomian secara luas dan meningkatkan mutu hidup atau dengan kata lain dapat meningkatkan pendapatan warga. Selain itu agrowisata juga dapat menjadi media promosi untuk produk lokal, dan membantu perkembangan regional dalam memasarkan usaha dan menciptakan nilai tambah.

Bagikan informasi ini: